Cara Bikin Jeans Belel

Cara Bikin Jeans Belel

 

Cara Membuat Jeans Belel

Bagi kebanyakan pria, celana jeans yang sudah belel atau agak “rusak” terlihat lebih keren dan mempunyai nilai personal bagi pemakainya dibandingkan jeans yang masih baru dan rapih. Tak jarang celana jeans dapat dipakai terus menerus hampir setiap hari, bahkan celana jeans biasanya awet hingga puluhan tahun.

Padahal belel adalah proses alami yang disebabkan pemakaian wajar dalam waktu lama, namun sekarang banyak yang ingin jeans nya menjadi belel secara instant, namun kalau beli jadi, belum tentu pas dengan selera.

 

Berikut berbagai cara supaya jeans cepat belel

1. Jangan dicuci untuk pemakaian pertama

Jeans baru masih mengandung semacam tepung yang disebut starch, starch digunakan pada bahan agar jeans terasa kaku, namun sebagian orang melakukan perendaman pertama atau initial soak untuk menghilangkan kekakuannya dan sekaligus menyusutkan ukuran sebelum dipakai. Beberapa jenis jeans menyusut setelah pencucian pertama kali, hal ini disebabkan banyak jeans premium menggunakan katun mentah sebagai bahan utamanya karena dianggap lebih berkarakter. Langsung memakai tanpa mencuci mempercepat jeans jadi belel

2. Pakai terus nonstop

Dengan menggunakannya hampir 24 jam sehari, bentuk kaki akan tercetak ke jeans tersebut, agar tidak terasa jorok, sebaiknya gunakan celana pendek ekstra diantara pakaian dalam dan jeans kamu agar keringat tidak langsung menempel. Hanya kelembabannya saja. Karena kelembaban membantu jeans jadi belel

3. Simpan benda konsisten di kantong

Misalnya dari gadget, dompet, korek api, pisau lipat, koin, hingga kunci. Hal ini memberikan fades / pudar yang lebih kontras lagi, dan semakin personal. Kalau bisa benda-benda ini tidak dikeluarkan sekalipun celana sudah dilepas.

4. Beraktifitas olahraga dengan jeans
Hal ini memang terdengar kurang nyaman, namun dari gesekan dan keringat yang ditimbulkan, semakin mempercepat proses breakdown atau belel celana jeans.
Misalnya main skateboard, bersepeda, naik gunung, aktifitas banyak bergerak ini sangat membantu jeans menjadi belel. Dan membuat kamu lebih sehat juga kan ?

5. Dipakai hingga tidur
Selama tidur kita tidak banyak bergerak, namun kelembaban yang dihasilkan membantu menambah tekstur dan melembutkan jeans, sekalian membuktikan betapa sayangnya kamu terhadap jeansmu.

ripped jeans cowok

Namun bagaimana jika jeans sudah mulai bau atau kotor?
Tenang saja, jika masih tahap ringan seperti noda makanan, kamu hanya perlu membersihkan noda tersebut dengan kain kering dan basah, kemudian jemur celananya di terik matahari, dijamin baunya hilang, tergantikan dengan aroma gosong matahari.

Jika kamu merasa bau nya sudah parah namun belum mau mencuci, kamu bisa memasukan jeans ke dalam freezer, tentunya dimasukan ke dalam plastik yang tersegel terlebih dahulu ya, baru dibekukan. Aroma tidak sedap pun akan berkurang.

Tetapi jika sudah menyerah, dan ingin mencuci celana jeansmu, ada kok deterjen khusus diciptakan untuk celana jeans agar warna indigo nya tidak luntur semua, malah semakin kontras fades-nya. Dan jeans jadi belel

Perlu diingat bahwa celana jeans berkualitas kebanyakan 100% Cotton, maka proses pencucian itu sebenarnya menyehatkan, karena menguatkan bahan jeans itu sendiri, karena kalau terlalu kering dan terus dipakai, menyebabkan jeans menjadi rapuh.

Jika terjadi kerusakan pada celanamu, sebaiknya diperbaiki di penjahit khusus jeans, karena teknik yang mereka gunakan berbeda, sehingga celana kamu terlihat semakin belel.

Sumber : https://how.co.id