JiaJia, Gadis Tercantik yang Pernah Dibuat oleh Manusia

JiaJia, Gadis Tercantik yang Pernah Dibuat oleh Manusia

JiaJia, Gadis Tercantik yang Pernah Dibuat oleh Manusia

Cantik itulah kata yang pasti terlintas saat anda melihat JiaJia

Kulit yang putih bersih, hidung mancung, bibir tipis, rambut hitam panjang terurai, serta mata sipit dan sayu sungguh sangat bisa meluluhkan hati yang memandangnya. Jika anda merasa tertarik dengan JiaJia anda tidak sendiri, sebagian besar orang yang melihatnya juga merasakan hal yang sama. Lantas siapakah JiaJia sebenarnya? Apakah dia seorang model/artis yang berasal  dari Jepang, Tiongkok (Cina), atau dia seorang bintang film dari Korea?

Jika anda mengira dia seorang model atau artis, anda salah besar

JiaJia bukan seorang manusia, lantas apakah dia robot? Betul sekali JiaJia adalah sebuah robot, kenyataan pahit ini yang harus diterima oleh para penggemarnya. JiaJia merupakan sebuah robot humanoid yang diciptakan oleh para ilmuwan di Tiongkok (Cina).

Dalam sebuah penampilannya pada acara Summer Davos 2016 di Tianjin salah satu kota terbesar di Cina bagian utara. JaiJia mengenakan baju tradisional Cina, lengkap dengan penjepit rambut klasik. Yang mana penampilannya tersebut menyedot banyak perhatian dari penoton yang menghadiri acara tersebut.

JiaJia dapat berkomunikasi layaknya manusia normal pada umumnya

Dia dapat menjawab pertanyaan sesaat setelah seseorang bertanya kepadanya. Dia juga dapat tersenyum, berkedip dan berbagai mikro ekspresi lainnya dengan sempurna seperti manusia sungguhan. Sehingga kemungkinan besar anda bakal lupa jika sedang mengobrol dengan sebuah robot.

Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk melengkapi kemampuan JiaJia tersebut, mulai dari bisa berbicara, memperlihatkan mikro kespresi, menggerakkan bibir dan tubuhnya secara natural. Serta berbagai hal yang dapat menyakinkan para penontonnya bahwa JiaJia adalah seorang manusia sungguhan.

Chen Xiaoping merupakan ibu sekaligus bapak yang telah menciptakan JiaJia

Dia bersama dengan koleganya di Universitas Sains dan Teknologi Cina yang telah mengembangkan program robot humanoid ini. JiaJia diprogram untuk dapat mengenal dan berinteraksi dengan manusia maupun dengan mesin, dia juga dapat berpindah posisi dan menentukan arah secara otonom.

Seluruh kemampuan JiaJia bersumber pada otaknya, yang pada dasarnya otak tersebut merupakan sebuah database online yang sangat besar. Dan otak tersebut terhubung dengn platform komputasi awan (cloud) yang memungkin dia untuk meningkatkan kemampuannya dalam memproses emosi dan berbicara layaknya data baru yang telah diupload. Sehingga seiring berjalannya waktu kemampuan JiaJia akan terus berkembang.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk memilikinya dirumah, namun anda harus bersabar karena Gadis Cantik Jiajia ini masih dalam pengembangan lebih lanjut dan belum diproduksi masal. Bila Anda benar-benar tertarik tidak ada salahnya jika mulai sekarang sedikit menyisihkan uang saku anda, hehehhe….