Table of Contents

hanya ingin DIA tahu

Manfaat Menangis

Menangis merupakan reaksi atau ungkapan perasaan karena tersentuhnya hati oleh suatu kejadian. Namun menangis sering dianggap sebagai gambaran kelemahan saat menghadapi masalah. Padahal menangis itu luapan emosi yang sangat wajar tanpa membedakan gender.

Air mata yang kita keluarkan saat menangis ternyata mempunyai beberapa manfaat, seperti :

  1. Mengurangi Stres

Menurut penelitian, air mata mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin.

  1. Membunuh Bakteri

Air mata berfungsi sebagai anti bakteri alami yang mempunyai fungsi sama seperti obat tetes mata. Dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 % bakteri yang tertinggal hanya dalam 5 menit.

  1. Mengeluarkan Racun

Air mata mengandung 25% dari protein dan sebagian dari metal, khususnya magnesium yang sarat dengan sejumlah racun yang bisa dibuang oleh seseorang dengan cara menangis.

  1. Membersihkan Mata

Fungsi utama air mata adalah membuat indera penglihatan kita menjadi lebih jelas. Tidak hanya membasahai bola mata dan kelopak mata, tetapi juga mencegah dehidrasi membran yang ada disekitar mata. Saat mengeluarkan air mata, matasebenarnya sedang dalam proses pembersihan.

  1. Membantu Penglihatan

Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

  1. Membantu Melawan Penyakit

Air mata dapat membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya yang dipicu oleh stres.

  1. Meningkatkan Mood

Dengan menangis mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24% protein albuminyang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh.

  1. Menenangkan Perasaan

Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan tenang.

Itulah beberapa manfaat menangis dan mungkin masih banyak lagi manfaat menangis yang belum diketahui. Luapkanlah perasaan dengan menangis bila itu dapat membuat tenang. Karena menangis tidak berarti lemah.

Baca Juga :