Pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Kabupaten dan Kota se-Jabar

Pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Kabupaten dan Kota se-Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri dan menyaksikan Pengukuhan

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Kabupaten dan Kota Se Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Senin (4/2/19). Pengukuhan ini dilakukan langsung oleh Bunda PAUD Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya dengan mengukuhkan 26 Bunda Paud dari kota dan kabupaten yang tersebat di Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa derasnya informasi dan revolusi digital seperti sekarang ini menjadi poin yang harus diperhatikan oleh setiap guru PAUD di Jawa Barat. Hal ini dapat menimbulkan dampak positif dan negatif bagi anak-anak usia dini. Maka dari itulah, Jabar mencanangkan Gerakan Paud Berkualitas untuk menciptakan anak-anak yang unggul dan cerdas dalam kehidupan dan bermasyarakat serta memiliki jiwa spritual yang tinggi.

“Mereka yang tengah dalam berkembang otaknya, bisa menjadi anak yang cerdas.

Harapan saya para bunda yang tersebar di setiap daerah dapat menjalankan tugasnya dengan baik. terutama melakukan usaha preventif seperti memperhatikan lebih ibu hamil agar kesehatan bayi dapat berkembang serta melahirkan anak yang cerdas,” ujar Emil dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Bunda PAUD di setiap daerah memantau perkembangan pendidikan dan langsung turun tangan mengatasi setiap permasalahan. Sesuai dengan Peraturan Presiden No. 59 tahun 2017 mengenai pembangunan berlanjutan, serta adanya Gerakan PAUD 1 tahun sebelum sekolah dasar. Menjamin anak-anak untuk bekembang melalui pengasuhan dan bimbingan pra sekolah dasar.

Peran guru PAUD, harus menyiapkan dan memberdayakan organisasi-organisasi

mitra yg ada di kota/kabupaten mau provinsi. Predikat Bunda PAUD diberikan kepada istri pemerintah daerah, yang memiliki peran penting dalam mengembangkan pelayanan berkualitas di wilayah masing-masing. Mendorong pelayanan di kawasan kerjanya dan meningkatkan makanan sehat untuk anak-anak.

“Program-program Bunda PAUD untuk disampaikan ke daerah wilayah. Seperti orangtua harus berperan aktif dalam kegiatan anak, serta mendukung, secara rutin membawa anak imunisasi, memerhatikan kesehatan, dan orangtua harus menjadi narasumber untuk motivasi,” tutur Ridwan

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/