Pustaka di Aceh Online ke Katalog Induk

Pustaka di Aceh Online ke Katalog Induk

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh telah berhasil membangun katalog online

(OPAC) untuk enam perpustakaan sekolah yang sebelumnya menggunakan pencatatan katalog manual. Keenam sekolah tersebut adalah SD 1, SD 3, SD 24, SD 25, SMP 1 dan SMP 10. Bahkan sejak 21 Agustus 2018, keenam katalog perpustakaan sekolah tersebut telah bergabung dengan Katalog Induk Perpustakaan Sekolah Indonesia yang dikelola oleh Kemendikbud RI.

“Kerjasama ini telah berhasil mengonlinekan 6 perpustakaan sekolah yang dipilih oleh Disdikbud Banda Aceh sebagai model. Dan sejak 21 Agustus 2018 telah kita gabungkan dengan Katalog Induk Perpustakaan Sekolah Indonesia yang pengelolaannya di bawah Kemendikbud RI,” sebut Kepala Perpustakaan Unsyiah, Dr. Taufiq Abdul Gani, Kamis (23/8/2018).

Bergabungnya 6 perpustakaan sekolah di Aceh ke KAMAYA yang pertama ini disambut gembira oleh Ka.

Perpustakaan Kemendikbud RI Chaidir Amir, MA. Perpustakaan sekolah di Aceh telah menjadi komunitas besar bersama perpustakaan sekolah lain yang tersebar di seluruh tanah air.

“Kami menyambut gembira. Melalui KAMAYA ini, perpustakaan sekolah di seluruh Indonesia termasuk Banda Aceh bisa saling berbagi sumber daya pengetahuan. Para siswa dan warga sekolah lainnya juga akan lebih mudah dalam mengakses buku-buku elektronik yang sudah ada da terus diupdate ketersediaan oleh Kemendikbud RI, “ sebut Chaidir.

Katalog Induk Perpustakaan Sekolah Indonesia diwujudkan dengan aplikasi SchIlS yang sudah diinstall

di keenam perpustakan sekolah diatas dan bergabung dengan aplikasi online Pustaka Maya (KAMAYA) yang dikelola oleh Perpustakaan Kemendikbud RI.

Perpustakaan sekolah disetiap pelosok tanah air terus berkembang pesat saat ini dengan pemanfaatan teknologi informasi. Menyadari hal tersebut, Ka. Disdikbud Banda Aceh, Dr. Saminan Ismail M.Pd mengatakan Disdikbud kota Banda Aceh yang mengemban tuggas dan fungsi pokok pembinaan sarana akademik di sekolah dasar dan menengah pertama kota Banda Aceh menjalin kerja sama dengan Perpustakaan Unsyiah yang memiliki pengalaman dan kompetensi tingkat nasional dan internasional dalam penerapan teknologi informasi di perpustakaan, yatu tersertifikasi ISO 27001 (Keamanan Informasi) dan ISO 9001 (Manajemen Mutu).

 

Sumber :

https://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/sejarah-masuknya-islam-ke-indonesia/